01 July 2011

MATEMATIKA INDAH

Matematika adalah salah satu bidang study yang oleh banya siswa dianggap momok. Banyak siswa yang ogah belajar matematika dan bahkan antipati terhadap bidang study ini. Sampai-sampai di satu sekolah ternama di Kabupaten Bogor tepatnya di kecamatan Parungpanjang, ada seorang siswa yang bertanya kepada guru matematika, "...Pak ada gak sekolah SMP yang ga ada pelajaran matematika...?" Sang guru yang kemudian mengantar siswa-siswinya meraih predikat kategori A di Ujian Akhir Nasional dengan nilai rata-rata 8,5 untuk bidang study matematika itupun menjawab. Tentunya dengan jawaban lembut yang tidak mematahkan harapan si siswa, walau terkaget juga dengan pertanyaan itu.
Selanjutnya Pak Guru merenung, kenapa sampai ada siswa yang begitu membenci matematika sehingga sampai bertanya begitu. Ia mencari formula, metode mengajar matematika dengan semenyenangkan mungkin diantaranya dengan games-games baik itu di dalam maupun di luar kelas, dengan pendekatan langsung ke alam (kehidupan sehari-hari)terutama untuk materi geometri dan metode visualisasi video. Dimana salah satu video menampilkan betapa indahnya matematika(silahkan klik video di bawah).
Dan tidak satupun ternyata bidang studi yang tidak mengandung matematika di dalamnya. 
Sungguh luar biasa, Sang Gurupun berhasil mengantar putra-putrinya meraih predikat terbaik untuk bidang studi matematika. Bahkan ada yang mencapai nilai sempurna 100. (klik tautan ini)
Si siswa yang pernah mebuat kaget sang Gurupun mendapat nilai 7,5. Dan yang pasti jadi yang tadinya membenci matematika, berubah 180 derajat jadi mencintai matematika.

2 comments: